BAB 2
2.1 Kajian
Teori
Sebuah bisnis sangat tergantung
dengan konsumen. Namun demikian, para pelaku bisnis juga harus menyadari bahwa
umumnya konsumen tidak peduli dan tidak mau tahu dengan masalah sehari-hari
yang dialami oleh pelaku bisnis karena yang ada di pikiran konsumen adalah apa
yang meraka butuhkan harus terpenuhi tanpa mau tahu bagaiman sulitnya memenuhi
semua keinginan konsumen tersebut. Atas dasar itulah kemudian muncul stigma di
masyarakat bahwa konsumen adalah raja.
Berikut ini adalah pengertian dan
definisi konsumen:
#
WIRA SUTEJA
Konsumen adalah orang paling penting yang datang ke kantor
kita, maupun lewat surat
Konsumen adalah orang yang
memberitahukan kepada kita tentang keinginannya, dan adalah tugas kita untuk
menangani kehendaknya dengan jalan menguntungkan kedua belah pihak
Konsumen adalah orang yang
menciptakan pandangan tentang perusahaan kita, tentang baik atau buruk
pelayanan kita
Konsumen adalah penyampai berita
terbaik apabila mereka puas dengan apa yang kita berikan
#
UNDANG - UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (UUPK)
Konsumen adalah setiap orang yang
memakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi
kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun mahluk hidup lain dan
tidak untuk diperdagangkan
#
PASAL 1 ANGKA 2 UU NO. 8 TAHUN 1999
Konsumen adalah setiap orang pemakai
barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan
sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak
diperdagangkan
# TRI KUNAWANGSIH & ANTO PRACOYO
Konsumen adalah mereka yang memiliki
daya beli, yakni berupa pendapatan dan melakukan permintaan terhadap barang dan
jasa
#
ARYA MAHEKA
Konsumen ialah pemakai barang /
jasa, pengguna akhir dari suatu produk
#
REDAKSI KAWAN PUSTAKA
Konsumen ialah mahluk hidup yang
tidak dapat membuat makanannya sendiri
#
CAMBRIDGE INTERNATIONAL DICTIONARIES
Konsumen adalah seseorang yang
membeli suatu barang atau jasa
#
WEBSTER'S 1928 DICTIONARY
Konsumen adalah seseorang yang
beberapa kali datang ke tempat yang sama untuk membeli suatu barang atau
peralatan
#
DJOKOSANTOSO MOELJONO
Konsumen adalah seseorang yang
secara terus menerus dan berulang kali datang ke suatu tempat yang sama, untuk
memuaskan keinginannya dengan memiliki suatu produk, atau mendapatkan suatu
jasa, dan membayar produk atau jasa tersebut
2.2 Penelitian
Terdahulu
1. Pengarang : Hatane Samuel &
Foedjiawat
Kesimpulan
Sementara :
Hasil penelitian mengungkapakan bahwa kepuasan
konsumen di The Prime Steak & Ribs mendapat penilaian yang cenderung baik,
beberapa atribut masih
mempunyai variasi penilaian yang tinggi.
mempunyai variasi penilaian yang tinggi.
2. Pengarang : Trisno
Musanto
Kesimpulan Sementara :
Iklan Jitu surat kabar Jawa Pos pada CV.Sarana Media
Advertiseng dan variabel mana yang memberikan kontribusi terbesar pengaruhnya
terhadap loyalitas pelanggan.
3. Pengarang : Ujianto & Abdurachman
Kesimpulan
Sementara :
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen untuk membeli sarung adalah kualitas,
referensi, merk dan warna serta kemasan, harga, diskon dan hadiah.
0 komentar:
Posting Komentar