Analisis Jurnal 3
Tema : Kepuasan Konsumen
Pengarang : Ujianto & Abdurachman
Tahun : 2008
Judul : Analisis Faktor-Faktor Yang
Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli
Konsumen Sarung
Abstrak :
Fokus penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang
menimbulkan kecenderungan minatbeli konsumen terhadap produk sarung. Tujuan
penelitian untuk mengidentifikasi faktorfaktor yang dipertimbangkan oleh
konsumen untuk membeli produk sarung. Secara teoritik dapat dijelaskan bahwa
proses pengambilan keputusan pembelian didahului oleh stimuli pemasaran dan
stimuli lainnya yang dapat mempengaruhi minat beli sarung calon konsumen.
Penelitian dilakukan di Gresik dan Pasuruan dan pengambilan sampel dilakukan
secara purposive dan data dikumpulkan melalui kuesioner kepada sebanyak 120
responden.
Kuesioner disusun dalam bentuk Skala Likert dan data dianalisis dengan menggunakan analisis faktor dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen untuk membeli sarung adalah kualitas, referensi, merk dan warna serta kemasan, harga, diskon dan hadiah. Dari keseluruhan faktor tersebut kualitas dan referensi merupakan faktor yang paling dominan.
0 komentar:
Posting Komentar