Spionase di dunia industry semakin gencar
Dalam dunia
bisnis dikenal juga istilah Spionase Industri ( industrial espionage ).
Mata-mata industry mepunyai peranan penting dalam menetukan strategi perusahaan
kedepan, spionase ekonomi atau industry mempunyai tujuan untuk en pmengumpulkan
pengetahuan tentang organisasi.
Beberapa
persaingan spionase industry yang dilakukan antara perusahaan misalnya terjadi
antara opel dan vox wagen pada era 1990-an. Ketika terjadi perpindahan
eksekutif opel yang dicurigai sebagai salah satu bentuk spionase. Pada 1993,
general motor ( gm ) menuduh vox wagen melakukan spionase industry setelah Jose
Igancio Lopez kepala produksi untuk divisi opel, bergabung dengan vox wagen
(vw).
Persaingan dan
pencurian juga pernah terjadi dan melibatkan kelompok hotel ternama yaitu
Starwood dan Hilton. Pada April 2009, Starwood mengggugat Hilton atas rahasia
dagang. Starwood mengklaim dua mantan eksekutif mereka yaitu Ross Klein dan
Amar Lalvani disewa Hilton untuk mencuri informasi tentang merek Starwood.
Klein dan Lalvani terlibat dalam mengembangkan brand tentang “gaya hidup mewah”
hotel Starwood dan brand Luxury Collection. Starwood menuduh Hilton mengunduh
informasi rahasia tersebut. Kasus ini cukup menyita perhatian media, dan berakhir
satu tahun setelahnya.
Saling intip
antar perusahaan saat ini terus berlangsung. Semua perusahaan mencari
keunggulan dan kelemahan para pesaingnya sehingga mereka pun dituntut untuk
menjaga rahasia mereka dari mata-mata.
Sumber
: Koran Sindo, Senin 26 November 2012
0 komentar:
Posting Komentar