Spionase di dunia industry semakin gencar


Dalam dunia bisnis dikenal juga istilah Spionase Industri ( industrial espionage ). Mata-mata industry mepunyai peranan penting dalam menetukan strategi perusahaan kedepan, spionase ekonomi atau industry mempunyai tujuan untuk en pmengumpulkan pengetahuan tentang organisasi.

Beberapa persaingan spionase industry yang dilakukan antara perusahaan misalnya terjadi antara opel dan vox wagen pada era 1990-an. Ketika terjadi perpindahan eksekutif opel yang dicurigai sebagai salah satu bentuk spionase. Pada 1993, general motor ( gm ) menuduh vox wagen melakukan spionase industry setelah Jose Igancio Lopez kepala produksi untuk divisi opel, bergabung dengan vox wagen (vw).

Persaingan dan pencurian juga pernah terjadi dan melibatkan kelompok hotel ternama yaitu Starwood dan Hilton. Pada April 2009, Starwood mengggugat Hilton atas rahasia dagang. Starwood mengklaim dua mantan eksekutif mereka yaitu Ross Klein dan Amar Lalvani disewa Hilton untuk mencuri informasi tentang merek Starwood. Klein dan Lalvani terlibat dalam mengembangkan brand tentang “gaya hidup mewah” hotel Starwood dan brand Luxury Collection. Starwood menuduh Hilton mengunduh informasi rahasia tersebut. Kasus ini cukup menyita perhatian media, dan berakhir satu tahun setelahnya.

Saling intip antar perusahaan saat ini terus berlangsung. Semua perusahaan mencari keunggulan dan kelemahan para pesaingnya sehingga mereka pun dituntut untuk menjaga rahasia mereka dari mata-mata.

Sumber : Koran Sindo, Senin 26 November 2012

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar