Analisis Jurnal 3
Tema : Inovasi
dalam berwirausaha
Pengarang : Tendy
Tahun : 2012
Judul : Penerapan Kreativitas Dan Inovasi Dalam Berwirausaha
Latar
Belakang :
Jurnal ilmiah ini membahas kreatifitas dan
inovasi yang bertujuan untuk memenuhi tugas akhir perseorangan mata kuliah
kewirausahaan Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Kristen Maranatha.
Jurnal ilmiah ini menggunakan pendekatan kualitatif, berdasarkan pendapat para
ahli dan kondisi usaha saat ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
dengan cara dokumentasi dan studi kepustakaan dengan mengumpulkan berbagai
sumber dari buku maupun dengan menjelajahi internet. Pengolahan data dilakukan
dengan mendeskripsikan dan membandingkan beberapa pendapat para ahli
dalam bidangnya sehingga dapat ditarik kesimpulan dalam menjelaskan proses
penciptaan kreatifitas dan inovasi dalam bidang kewirausahaan untuk menghadapi
ketatnya persaingan dalam dunia usaha.
Masalah dan tujuan :
Jurnal ilmiah ini diperlukan untuk mengetahui
proses pembentukkan pemikiran yang kreatif dan inovatif dan penerapannya dalam
bidang wirausaha dalam menghadapi ketatnya dunia usaha saat ini.
Metodologi Penelitian :
Jurnal ilmiah ini menjelaskan
proses pembentukkan pemikiran yang kreatif dan inovatif dan penerapannya dalam
bidang wirausaha dalam menghadapi ketatnya dunia usaha saat ini. Jurnal ilmiah
ini menggunakan pendekatan kualitatif, berdasarkan pendapat para ahli dan
kondisi usaha saat ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan
cara dokumentasi dan studi kepustakaan dengan mengumpulkan berbagai sumber dari
buku maupun dengan menjelajahi internet.
Hasil :
Dalam Jurnal
Ilmiah ini terdapat proses-proses pemikiran kreatif dan inovatif, ciri-ciri
pemikiran kreatif, sifat-sifat mendasar dari kreativitas, tahap-tahap pemikiran
kreatif, serta bagaimana menerapkannya dalam dunia usaha. Selain itu, terdapat
pula kreativitas dalam berwirausaha, tuntutan kreativitas dalam bisnis masa
kini, serta cara menjadi pengusaha yang inovatif.
Kesimpulan dan Rekomendasi :
Kreativitas dan inovasi sangat
diperlukan apalagi dalam menghadapi persaingan dunia usaha yang semakin ketat
sehingga seorang wirausahawan dituntut agar memliki pemikiran yang kreatif dan
inovatif. Untuk itu, seorang wirausahawan perlu memahami proses-proses
pemikiran kreatif dan inovatif; ciri-ciri pemikiran kreatif; sifat-sifat
mendasar dari kreativitas; tahap-tahap pemikiran kreatif yaitu antara lain
Persiapan (Preparation), Penyelidikan (Investigation),
Transformasi (Transformation), Penetasan (Incubation),
Penerangan (Illumination), Pengujian (Verification), dan
Implementasi (Implementation); serta bagaimana menerapkannya
dalam dunia usaha. Selain itu, wirausahawan juga dituntut untuk berpikir
kreatif dan inovatif serta mampu menyadari tuntutan bisnis masa kini agar mampu
bersaing dan mempertahankan usahanya dalam menghadapi persaingan dunia usaha
saat ini.
0 komentar:
Posting Komentar